Konsultasi Statistik Uji Reliabilitas

tutorialkampus.com
By -
1
Pada kesempatan ini, saya akan menjelaskan mengenai perhitungan Uji Reliabilitas yang berkaitan dengan penelitian Skripsi, Thesis dll. Sebelumnya kita harus pahami terlebih dahulu apa itu Uji Reliabilitas, Uji Reliabilitas, atau uji keandalan, adalah konsistensi dari serangkaian pengukuran atau serangkaian alat ukur. Hal tersebut bisa berupa pengukuran dari alat ukur yang sama (tes dengan tes ulang) akan memberikan hasil yang sama, atau untuk pengukuran yang lebih subjektif, apakah dua orang penilai memberikan skor yang mirip (reliabilitas antar penilai) Sumber : Wikipedia.

Kita langsung saja, misalkan kita sedang melakukan penelitian berkaitan dengan tema Skripsi atau Thesis, anggap saja kita sedang meneliti tentang Skripsi aja, kita mempunyai dua buah variabel, misalkan Motivasi untuk variabel (X) dan Produktivitas untuk variabel (Y). berikut tabel hasil kuisioner yang telah kita bagikan berkaitan dengan pertanyaan-pertanyaan seputar Motivasi.

Konsultasi Statistik Uji Reliabilitas

Untuk angka 1 sampai dengan 30 itu merupakan jumlah responden penelitian, dan untuk angka 1 sampai dengan 5 itu merupakan jumlah pertanyaan pada variabel X (misalnya). untuk melakukan Uji Reliabilitas kita lakukan copy terhadap item hasil kuisioner saja, tidak perlu dengan jumlah per item nya, berikut gambar tabel yang akan kita lakukan copy dan kita pindahkan ke lembar SPSS.

Konsultasi Statistik Uji Reliabilitas

Ingat...hanya yang saya kasih garis merah saja yang kita lakukan copy ya..., kemudian kita pindahkan ke lembar kerja SPSS.
Pada lembar kerja SPSS, kita buka tab Variabel View dan lakukan setting seperti gambar dibawah, untuk nilai decimal kita setting menjadi nol (0) saja.

Konsultasi Statistik Uji Reliabilitas

Untuk P1 sampai dengan P5 itu saya anggap sebagai (Pertanyaan), masih di lembar SPSS langkah berikutnya kita lakukan paste pada lembar Data View, gambarnya seperti berikut :

Konsultasi Statistik Uji Reliabilitas

Setelah kita masukan semua item hasil pertanyaan kuisioner, maka langkah selanjutnya yaitu kita pilih menu Analyze -> Scale -> Reliability Analysis, berikut tampilannya.

Konsultasi Statistik Uji Reliabilitas

Maka selanjutnya akan tampil seperti gambar berikut :\

Konsultasi Statistik Uji Reliabilitas

Kita pindahkan P1 sampai dengan P5 ke sebelah kanan item dengan menekan tombol panah, gambar nya seperti ini :

Konsultasi Statistik Uji Reliabilitas

Jika telah kita pindahkan item pertanyaan ke sebelah kanan, maka hasilnya nanti seperti ini :

Konsultasi Statistik Uji Reliabilitas

Jika kita melakukan Uji Reliabilitas menggunakan model Alpha Cronbach, maka untuk modelnya pilih Alpha seperti gambar diatas, setelah itu kita langsung klik tombol OK saja, dan hasilnya akan seperti gambar dibawah ini :

Konsultasi Statistik Uji Reliabilitas

Penjelasan untuk hasil diatas :
Setelah kita melakukan proses pengujian Reliabilitas dengan SPSS maka hasil akhirnya seperti ini, dapat diketahui untuk tabel diatas Case processing Summary, pada tabel tersebut menjelaskan bahwa terdapat N dengan jumlah responden sebanyak 30 orang. Kemudian untuk tabel Reliability Statistics, pada tabel tersebut menjelaskan hasil pengujian Reliabilitas adalah 0,746 dari 5 pertanyaan. (contoh variabel X)
Jadi dapat kita simpulkan dalam Uji Reliabilitas ini hasilnya adalah 0,746.
Kemudian nilai tersebut kita bandingkan dengan r tabel dengan tingkat signifikan 0,05. Pada r tabel di dapatkan nilai 0,361. Nilai tersebut kita dapatkan dengan ketentuan (df = N - 2), N disini adalah jumlah responden penelitian yaitu 30 - 2 = 28, maka didapatkan nilai r tabel 0,361.
Kesimpulan akhir, dari hasil Uji Reliabilitas diatas didapatkan nilai 0,746 > 0,361 hal ini berarti pertanyaan-pertanyaan tersebut reliabel dan dapat digunakan dalam penelitian.

Demikian tutorial cara menghitung Uji Reliabilitas, semoga bermanfaat, jika anda merasa kesulitan dalam melakukan pengolahan data statistik untuk Skripsi (S1), Thesis (S2), Disertasi (S3) atau Penelitian (Riset) dapat menggunakan jasa kami lebih cepat beres untuk BAB 4 Full semua uji-uji yang diperlukan. Harga dapat disesuaikan. Kunjungi Facebook saya di sini 



Post a Comment

1Comments

Post a Comment